Jelang Ramadhan, Permohonan Nikah di Cibarusah Melonjak

Foto: Lampost.co

Cibarusah Kota – Fenomena menarik yang terjadi di Cibarusah sebelum datangnya bulan Ramadhan adalah banyak masyarakat yang menggelar resepsi pernikahan. Diyakini oleh khususnya masyarakat Cibarusah, penanggalan di bulan Rajab dan Syaban (Reuwah) dianggap sebagai penanggalan yang baik.

Berdasarkan penelusuran News CC, banyak titik hajatan digelar di setiap sudut di Cibarusah khususnya tiap hari sabtu dan minggu. Warga Cibarusah yang aktif di social media juga banyak yang mengupdate status perihal undangan lebih satu yang diterimanya.

Hal tersebut selaras dengan data yang dimiliki oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Cibarusah, bahwa pengajuan pendaftaran nikah di bulan April – Mei 2015 ini mengalami peningkatan dari bulan-bulan sebelumnya.  

“Nampaknya ini sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat untuk menikahkan keluarganya sebelum Ramadhan tiba, data yang kami punya juga menunjukan adanya peningkatan jumlah pemohon menikah, hamper 60 pasangan” ujar Kepala KUA Kecamatan Cibarusah Agus Salim kepada  News CC Jum’at, (22/5).
Lebih lanjut , Agus menuturkan bahwa bagi masyarakat yang ingin menggelar pernikahan langsung mengajukan surat permohonan menikah yang ditujukan ke KUA. Mengenai masalah administrasi, Agus mengatakan semua mengacu ke Peraturan Pemerintan No 48 tahun 2014 yang berlaku pada Kementerian Agama.

“Sesuai peraturan tersebut, ada pengenaan biaya sebesar 600 ribu rupiah bagi masyarakat melaksanakan pernikahan di luar jam kerja,” kata Agus.

Selain menjelang Ramadhan, penanggalan yang ramai digunakan masyarakat Cibarusah untuk menggelar pernikahan adalah waktu setelah Idul Fitri (lebaran) sampai Idul Adha (bulan haji). (Red)


1 comment: