Warga Kampung Gempol Cibarusah Keluhkan MCK Rusak

Ridogalih - Tempat Mandi Cuci Kakus (MCK) yang berada di Kp. Gempol Dua RT 003 RW 002 Desa Ridogalih Kecamatan Cibarusah Kabupaten mengalami kerusakan. Hal tersebut disampaikan salah seorang warga bernama Iip kepada News CC, Senin (4/5).

Menurutnya, mesin yang terdapat di MCK tersebut sudah sekitar sebulan lebih mengalami kerusakan. Akibatnya, warga mengeluh terkait kerusakan yang terjadi. Karena biasanya warga memanfatkan MCK ini untuk kegiatan sehari-hari. "Mesinnya rusak, warga jadi nggak bisa pakai MCK ini," tutur Iip.

Lanjut Iip, akibat lain dari rusaknya mesin di MCK ini warga jadi kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. Banyaknya warga yang belum memiliki sumur sendiri mengakibatkan ketergantungan kepada MCK ini sangat besar.

"Sekarang untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga akhirnya membeli air bersih dengan harga per satu drigen Rp. 500. Bahkan ada warga yang memanfaatkan empang untuk memenuhi kebutuhan airnya," katanya.

Beberapa waktu lalu kata Iip, mesin yang rusak di MCK sudah coba diperbaiki secara mandiri oleh warga setempat. Namun, mesin tersebut hanya beroperasi satu hari, setelah itu rusak kembali. "kemarin sempat benar, namun rusak lagi," tambah Iip.

Oleh karenanya, warga berharap kepada pemerintah untuk memperbaiki mesin yang berada di MCK. Hal tersebut mengingat sangat vitalnya keberadaan MCK tersebut bagi warga Kp. Gempol Dua.
Seperti diketahui, Kp. Gempol Dua ini belum terpasang instalasi PDAM air bersih dan setiap tahunnya merupakan wilayah langganan kekeringan dan kesulitan air bersih. (Red)

1 comment: