Asal Usul Penamaan Kampung Cigutul Cibarusah


Di Desa Sindangmulya Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi terdapat sebuah kampung bernama Kampung Cigutul. Kampung tersebut berada di lokasi strategis di jalan utama Cikarang – Cibarusah.

Menurut orang tua dulu, kampung Cigutul ini diambil dari nama seorang tokoh yang diceritakan sebagai orang sakti yang mendiami wilayah tersebut. Oleh warga sekitar sosok yang dimaksud adalah bernama Mbah Gutul. Meski tak jelas asal muasalnya dari mana, sosok Mbah Gutul diyakini warga sebagai orang yang pertama kali membuka permukiman dan menghidupkan perkampungan tersebut.

Karena tergolong sakti, menurut cerita sosok Mbah Gutul mempunyai pengaruh yang kuat di wilayah tersebut. Menurut keterangan warga sekitar, makam Mbah Gutul berada di kawasan Mesjid yang berada diseberang SPBU Cigutul sekarang ini. Didekat makam tersebut ada sebuah sumur tua yang tidak pernih kering meski musim kemarau. Karena tua dan cerita mistis yang menyelimutinya, sumur inipun dianggap angker.

Oleh karena sosok Mbah Gutul tersebutlah kemudian wilayah ini dinamakan kampung Cigutul. Ci oleh warga dimaknai sebagai cai (air) dan Gutul adalah nama sosok tersebut. Jika melihat kondisi sekarang memang kampung Cigutul dilintasi oleh Sungai Cikompeni (sekarang Irigasi Cibarusah). (Tim CC)

0 comments